MindTalk.com – Social Media Baru Buatan Lokal
Sebenarnya saya sudah
lama ingin menuliskan tentang ini, tapi saya cukup mengerti jika
MindTalk.com sendiri saat itu memang belum ingin dipublikasikan. Tapi
berhubung rekan – rekan saya disana sudah sering mempublikasikannya
di Twitter mereka, saya rasa tidak apa – apa saya menuliskannya
sekarang Apa itu MindTalk.com ? MindTalk.com adalah
salah satu besutan baru dari Merah Putih Incubator (MPI) (grup yang
menaungi DailySocial.net, InfoKost.net, KrazyMarket.com,
LintasBerita.com, dst). Kalau ditanya apa itu MindTalk (MT)?
Penjelasan resminya ada dihalaman “About”-nya
http://www.mindtalk.com/static/about.
Tapi kalau versi saya MindTalk.com adalah : Twitter + Facebook Group
dengan konsep seperti MIRC . Persisnya kaya apa? Register aja..
Ha..ha.. *nyooh skrinsutnya :
Awalnya MT adalah proyek
pribadi dari Robin (@anvie – tetua tim developer), dan konsepnya
sebenarnya simpel, bagaimana menghadirkan MIRC dalam versi website.
Saya pernah menggunakan versi originalnya sewaktu masih bernama
Digaku. (Saat tulisan ini dibuat halaman “About” MindTalk sendiri
masih menggunakan nama Digaku.) Pada perkembangannya, Digaku
mengalami penambahan fitur – fitur baru : profil yang lebih detail,
points, upload video, like, dst.. hingga menjadi seperti saat ini dan
menggunakan nama MindTalk.com.
Siapa di
Belakang MindTalk.com? Secara company di belakangnya seperti
disebutkan di atas, adalah MPI. Secara tim, selain manajemen dari MPI
dan support dari tim IT MPI, core developernya adalah trio orang
edan.. Ha..ha.. Mereka adalah Robin, “Fako”
dan “Exa“. Dan ketiganya kombinasi kemampuan
teknisnya sangat mumpuni. Dari Linux Administration, Python, Socket
Programming, Git, Nginx, Tornado, Go Language, MongoDB, HyperTable,
Node.js, PHP, Closure (sejenis JQuery), dst.. mereka gunakan dalam
development website ini (serius..!). Dan mereka bukan sekadar
menggunakan, mereka tahu di bagian mana menggunakan tool yang tepat,
dan membiasakan diri melakukan benchmark dan unit testing sebelum
menggunakannya. Kalau kalian mencari teman diskusi soal web
development dengan teknologi yang lagi hot + sudah
mengimplementasikannya, diskusilah bersama mereka.. Sakit jiwa semua
mereka ini, hahahaha ….!
Secara fisik, mereka berlokasi di
daerah Slipi, satu gedung dan satu lantai dengan tim DailySocial.net,
lebih tepatnya bersebelahan ruang. (Saya sendiri heran,
kenapa DailySocial.net belum menuliskan tentang startup satu ini
ya..?) UPDATE : DailySocial.net akhirnya menulisnya juga
sore ini.Social Media Lagi?Lalu mengapa MPI
memutuskan membesarkan Digaku hingga menjadi MindTalk? Tidak cukupkah
Twitter, Facebook, Foursquare, dan di lokal ada Koprol? Sementara
Koprol sendiri, menurut Alexa seperti ini pergerakannya :Well..,
dengan pengalaman tim manajamen MPI di Kaskus, saya rasa mereka sudah
memiliki strategi jitu untuk bisa memenangkan ranah social media di
lokal. Mari kita lihat.
Model Bisnis
Saya tidak tahu model
bisnis mereka seperti apa. Tetapi dengan melihat background company
nya, tentunya MT ini nantinya bisa jadi platform sebuah brand untuk
membangun komunitas, melakukan campaign, atau sekadar promosi produk.
Dan mungkin di seputar itulah nanti bisnis modelnya.
Yang jadi pertanyaan saya,
butuh berapa registered user sampai MT bisa sampai disana ya?
Kaskus membernya sudah tembus 3 juta, Koprol sendiri seingat saya
membernya sudah hampir 2 juta (atau lebih malah?). Tapi secara bisnis
dan awareness sepertinya masih sangat jauh berbeda. CMIIW
NOTE: No.. no… I didn’t
hate Koprol, saya bahkan punya teman di tim mereka.. (Hallo Andre..
*dadah dadaahh.. . Saya justru penasaran kenapa belum melihat
atraksi indah mereka lagi selain saat atraksi bergabungnya mereka ke
Yahoo.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar